Memasuki jeda akhir tahun 2019 serta menyongsong proses akreditasi tahun 2020, ratusan asesor BAN PAUD-PNF (PAUD, LKP dan PKBM) dari berbagai Kabupaten dan Kota se-Sulawesi Selatan menggelar Kegiatan yang bertajuk Ramah Tamah dan Silaturahmi selama dua hari yakni tanggal 4-5 Januari 2020 di Kota Malino Kabupaten Gowa. Pemilihan Kota Malino yang terkenal sangat dingin sengaja dipilih oleh asesor sebagai “pendinginan” setelah melalui rengkaian panjang proses akreditasi selama tahun 2019. Untuk menyukseskan kegiatan yang baru pertama kali digelar ini, dibentuk sebuah Panitia pelaksana yang terdiri atas Dr. Muhammad Akil Musi (Makassar) sebagai Ketua Panitia pelaksana yang beranggotakan sejumlah asesor yakni Kahrul Alam, S.Pd (Gowa), Hijriah Taiyeb (Takalar), Aly Anwar, S.S., MM (Makassar), Ilham Arsyad, S.Pd (Makassar), Labbiri, S.Pd., M.Pd (Gowa), Faliha Mahnur, S.Pd (Makassar), Marhaya, S.Ag., M.Pd (Gowa) dan Sadaruddin, S.Pd., M.Pd (Makassar).
Ketua Panitia, Dr. Muhammad Akil Musi, menegaskan bahwa salah satu hal yang mendorong pentingnya kegiatan ini sebagai wahana informal dalam mempersatukan dan mempererat hubungan silaturahim kalanngan asesor Sulsel. Untuk itulah tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah “Sejatinya Kita Sehati”. Selain kegiatan ramah tamah, acara ini diisi beberapa program yakni Pembinaan Mental dan Ruhaniyah, Games dan Outbond, Invitasi motorik, Eksplorasi Seni dan Kognitif, Quis Meta Kognisi serta Doorprize yang menyediakan hadiah utama yaitu voucer menginap di Hotel Claro sebagai salah satu Hotel terbaik di Indonesia Timur. Berdasarkan pantauan panitia pelaksana, menyebutkan bahwa asesor sangat antusias dan bersemangat serta berharap kegiatan ini dapat terus di programkan dengan melibatkan jumlah asesor yang lebih besar. Bahkan hujan yang mengguyur Kota Malino tidak menyurutkan semangat untuk larut dalam kegiatan yang baru pertama kali digelar ini.

Usai pelaksanaan kegiatan, sejumlah panitia menyampaikan rasa syukur atas terselenggaranya kegiatan ini dan berharap menjadi agenda tahunan sehingga menjadi momentum strategis guna mempertemukan kalangan asesor dalam suatu wahana yang tidak formal. Hal ini sejalan dengan sambutan Ketua BAN P Sulawesi Selatan, Muhammad Ridwan, S.Ag., MM yang berharap kegiatan ini kiranya dapat terus diagendakan pada tahun-tahun berikutnya sebab memberikan manfaat terutama dalam hal “merefresh” pikiran asesor setelah melaksanakan pekerjaan akreditasi dan menyambut kegiatan berikutnya di tahun 2020. Ketua BAN P Sulsel menegaskan bahwa sinergitas yang baik antara BAN P dan kerja sama asesor akan semakin menguatkan kelembagaan yang mendukung proses akreditas lembaga PAUD dan PNF di Sulsel yang terbesar diluar Pulau Jawa. “Inilah momentum untuk menguatkan persatuan kita para asesor. Bersatunya kita akan saling menyayangi dan saling menguatkan”, tutur Ketua BAN P Sulsel.

Selain diikuti oleh ratusan asesor yang tersebar diberbagai wilayah Sulawesi Selatan, hadir pula sejumlah Anggota BAN P Sulawesi Selatan seperti Saenal Abidin, SH., MH., Ir. Andryani Akib dan Muhammad Anas. Hadir pula sejumah TIM Sekretariat SIMA BAN P Sulsel berbau dengan asesor dari berbagai lembaga yakni PAUD, PKMB dan LKP dalam lingkup BAN PAUD PNF Provinsi Sulawesi Selatan. Kesuksesan asesor Sulsel menggelar event ini tidak terlepas dari bantuan dari berbagai pihak serta sejumlah sponsor yang mendukung kegiatan ini yakni PT Mayora Indonesia Timur, Manajemen Claro Hotel Makassar serta Prenada Media Grup (Aksi, 2020).