Pelatihan Calon Asesor BAN PAUD dan PNF Provinsi Sulawesi Selatan

Sebagai implementasi dari Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 52 Tahun 2015 tentang BAN PAUD dan PNF, pada tahun anggaran 2018, BAN PAUD dan PNF akan melakukan penilaian kelayakan terhadap 30.275 program dan satuan PAUD dan PNF di seluruh Indonesia. Sasaran akreditasi ini terdiri atas program dan satuan PAUD, LKP, dan PKBM yang mengajukan permohonan akreditasi. Implementasinya menuntut berbagai langkah strategis, diantaranya adalah penyiapan calon asesor yang akan menambah jumlah asesor yang sudah ada dan meningkatkan kompetensi asesor yang sudah aktif untuk keperluan berbagai penugasan  akreditasi di BAN PAUD dan PNF.

Pada tahun 2018  BAN PAUD dan PNF telah melaksanakan proses seleksi calon asesor untuk memenuhi kekurangan asesor. Untuk itu dibutuhkan asesor yang memiliki kemampuan dan keterampilan yang handal dalam menilai dan melaksanakan proses akreditasi dari setiap tahap. Asesor dilatih untuk meningkatkan kompetensi kepribadian, sosial dan kompetensi profesional yang terkait dengan teknis akreditasi mulai dari PKPA, visitasi, validasi dan verifikasi. Materi yang disajikan pada Pelatihan Calon Asesor Akreditasi ini mencakup aspek-aspek konseptual, kebijakan dan mekanisme akreditasi, kode etik asesor, perangkat akreditasi, panduan penilaian, rasional, mekanisme dan teknis penilaian berbasis SISPENA, praktik penilaian PKPA, visitasi, validasi dan verifikasi.  Diharapkan dengan berbekal pelatihan ini para peserta mampu melaksanakan tugas sebagaimana yang diharapkan.

Pelatihan Calon Asesor Tahun 2018  diselenggarakan selama 4 (empat) hari meliputi 40 jam pelajaran, 45 menit terjadwal dengan menggunakan fasilitas paket fullboard di Hotel Claro Jalan A.P Pettarani  Makassar. Pelatihan ini diselenggarakan pada tangal 2 s.d 5 Agustus 2018.

Dalam pelatihan ini, 103 orang peserta akan dibekali dengan berbagai materi yang mencakup aspek-aspek konseptual, kebijakan dan mekanisme akreditasi, kode etik asesor, perangkat akreditasi, panduan penilaian, rasional, mekanisme dan teknis penilaian berbasis SISPENA, praktik penilaian PKPA, visitasi, validasi dan verifikasi.  Pola penyelenggaraannya disusun agar peserta benar-benar memperoleh pemantapan dalam berbagai hal yang dibutuhkan untuk pelaksanaan tugasnya. Diharapkan dengan bekal pelatihan ini mereka mampu melaksanakan tugasnya sebagaimana yang diharapkan. Para calon asesor ini nantinya diharapkan pula dapat berperan sebagai agen perubahan (agent of change) untuk keberhasilan akreditasi PAUD dan PNF di wilayahnya masing-masing.

Narasumber Pelatihan

Narasumber pelatihan ini adalah, Dr. Irma Yuliantina, M.Pd, Sekretaris BAN PAUD dan PNF dan Dr. Hj. Atiyah Suharti, M.Pd, anggota BAN PAUD dan PNF yang dibantu oleh 7 (tujuh) orang narasumber dari anggota BAN PAUD dan PNF , 1 (satu) orang narasumber dari asesor BAN PAUD dan PNF yang sudah lulus ToT  tahun 2016 dan 2017 serta lulus PCP tahun 2018. Ke-delapan narasumber tersebut, yaitu: Sainal Abidin, S.H.,M.H, Dr.M. Ali Latif, M.Pd, Dr.Hj. Harlina,M.Pd, Muh Ridwan, S.Ag.,M.M, Ir. Andriayani Akib, M.Pd, Dra. Fronsina Samperompon, M.Pd, Sitti Nurbaya, S.Pd.,M.M dan Ir. Fitriani Amrullah, M.Pd.